JAWABAN : Subsidi Spesifik

0
10:07 AM
JAWABAN SOAL SUBSIDI SPESIFIK

Diketahui dari soal bahwa :
Pd = 50 - 2Q
Ps =  -30 + 2Q
Subsidi = Rp 10/unit    

a. ME adalah Market Eqilibrium atau keseimbangan pasar.
ME ditulis seperti ini, ME = (Qe,Pe)
Rumusnya adalah Pd = Ps
Maka, Pd = Ps
50 - 2Q = -30+2Q
50 + 30 = 2Q + 2Q
80 = 4Q
80/4 = Q
20 = Qe

Untuk menghitung Pe, kita boleh pakai persamaan Pd atau Ps.
Misalnya kita pakai Pd :
Pe = 50 - 2Q
Pe = 50 - 2(40)
Pe = 50 - 40
Pe = 10

Jika kita pakai persamaan Ps, hasilnya pun akan sama aja.
Pe = -30 + 2Q
Pe = -30 + 2(20)
Pe = - 30 + 40
Pe = 10

ME = (20,10)

b. ME' (dibaca ME aksen), adalah market equilibrium setelah diberikan subsidi. 
Rumus ME' adalah : Pd = Ps'
Cara menghitung Ps' yaitu persamaan Ps - subsidi.
Kenapa dikurang?
Karena subsidi adalah bantuan uang untuk menurunkan harga pasar, maka dalam subsidi, nilai Pe' akan selalu lebih rendah dari Pe. 

Pertama, kita cari Ps' dulu. 
Ps' = -30 + 2Q - 10
Ps' = -40 + 2Q (nah ini adalah persamaan Ps yang baru! Namanya Ps aksen!)
Abis itu, baru deh kita masukin persamaan Ps' ke persamaan ME'

ME' --> Pd = Ps'
50 - 2Q = -40 + 2Q
50 + 40 = 2Q + 2Q
90 = 4Q
90/4 = Q
22.5 = Qe

Pe' --> -40 + 2Q
Pe' = -40 + 2(22.5)
Pe' = -40 + 45
Pe' = 5

ME' = (22.5, 5)

c. Untuk mencari sk, atau subsidi yang dinikmati konsumen, rumusnya adalah : Pe - Pe'
sk = Pe - Pe'
sk = 10 - 5
sk = 5

d. Untuk mencari sp, atau subsidi yang dinikmati produsen, rumusnya adalah : s - sk
s nya udah ada di soal yaitu Rp 10,00/unit
sp = s - sk
sp = 10 - 5
sp = 5

e. Untuk mencari total subsidi yang diberikan pemerintah atau S, rumusnya adalah :
s x Qe'

S = s x Qe'
S = 10 x 22.5
S = 225

SELESAI DEH! GAMPANG BANGET KAAAAN :D



About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 comments: